Selasa, 16 Desember 2014

Terminal Server

A.    Pengertian Terminal Server
Secara umum server adalah sebuah komputer yang berisi program baik sistem operasi maupun program aplikasi yang menyediakan pelayanan kepada komputer atau program lain yang sama ataupun berbeda. Jenis server yang paling sering digunakan adalah Disk Server, File Server, Printer Server, dan Terminal Server.
Terminal server adalah yang memungkinkan organisasi untuk menghubungkan perangkat ke jaringan area lokal (LAN). Dan pada terminal server terdapat skenario aplikasi utama yang berfungsi untuk memungkinkan perangkat serial untuk mengakses aplikasi server jaringan, atau sebaliknya, di mana keamanan data di LAN umumnya tidak masalah. Biasanya perusahaan yang memerlukan server terminal dengan fungsi-fungsi canggih ingin kontrol jarak jauh, memonitor, mendiagnosa dan memecahkan masalah peralatan melalui jaringan telekomunikasi.
Terminal server bertindak seperti sebuah multiplayer yang memungkinkan sejumlah komputer kecil, atau terminal-terminal yang lain, untuk mengakses ke sebuah titik LAN yang sama. Terminal server dapat digunakan untuk menyediakan akses ke komputer pusat untuk sejumlah terminal dengan menggunakan biaya yang rendah.
Terminal Server dibangun untuk semua server Windows dan Windows XP / Vista sistem desktop profesional . Hal ini memungkinkan pengguna untuk login jarak jauh dari berbagai jenis workstation dan klien . Dengan login pengguna membuat sendiri sesi klien mereka di server .
Sebuah server terminal (juga disebut sebagai server serial atau server jaringan akses) memungkinkan organisasi untuk menghubungkan perangkat dengan RS-232, RS-422 atau RS-485 serial interface ke jaringan area lokal (LAN). Produk dipasarkan sebagai server terminal dapat menjadi perangkat yang sangat sederhana yang tidak hanya menawarkan fungsi keamanan, seperti enkripsi data dan otentikasi pengguna.

B.    Cara Kerja Windows Terminal Server
Terminal server adalah komponen windows server yang mendukung sejumlah pemakai pada saat yang bersamaan. Cara kerjanya adalah sebagai berikut
1.      Pada waktu system operasi windows server dihidupkan (boot), Terminal Server akan dijalankan (start) apabila komponen terminal server ini telah diinstalasikan.
2.      Terminal server akan menunggu user sessions connections. Setiap user session yang berkoneksi dengan terminal server akan diberikan “Session ID” yang unik. Session ID ini yang memungkinkan dua pemakai yang berlainan untuk menjalankan aplikasi yang sama. Sesion ID ini juga memungkinkan server tersebut menjalankan semua proses dan memory secara terpisah untuk setiap user session.
3.      Server console (keyboard, mouse, dan monitor local) session dijalankan secara otomatis dan mendapatkan session ID “0”.
4.      Terminal server kemudian menjalankan “Session manager” yang berfungsi untuk mengatur user session berikutnya setelah server console session. Untuk mempercepat proses permohonan, Session manager secara otomatis menyediakan dua session ID yang siap diberikan.

C.    Manfaat Terminal Server
Kemampuan terminal server yang dapat diakses oleh PC client melalui LAN, system ini tidak dibatasi hanya bekerja dijaringan Lokal Area Network saja, tapi dapat bekerja melalui koneksitas internet. Dengan Manfaat, sebagai berikut :
1.      Efisiensi dalam penggunaan software, hardware & penggunaan Bandwith
2.   Dengan system termina, perusahaan dapat melakukan efisiensi dan maintenance lebih mudah karena terpusat dan integrated
3.    Hemat Resource, karena yang diberdayakan hanya server yang bertindak sebagai Terminal dan untuk setiap user yang menggunakan software yang berada di terminal server dapat berdiri sendiri layaknya PC desktop.
4.   Sangat efisien digunakan untuk mengoperasikan software-software multi user yang menuntut bekerja secara client server seperti software casir, accounting, billing system, Purchase, POS yang tidak dibatasi oleh lokasi yang berbeda karena system koneksitasnya dapat melalui internet dengan system VPN di atas.
5.      Terminal Server dapat dimanage sehingga disisi client hanya menjalankan Apikasi tertentu saja.
6.      Tidak memerlukan bandwith yang besar (average 50kbps)
7.      Dapat Membuat sebuah aplikasi dapat dioperasikan berjalan secara client server.
8.      Penggunaan terminal ini dapat memanfaatkan printer local atau disk drive local secara mandiri.
9.   Effisiensi biaya investasi software, Penggunaan lisensi dengan jumlah terbatas untuk dipakai secara bergantian (concurent) akan menghemat biaya investasi software original.
10. Effisiensi biaya pemeliharaan alat, Biaya pemeliharaan bisa ditekan, karena yang perlu di maintenance hanya disisi server, sedang di sisi client hanya bersifat terminal sehingga kemungkinan terjadi kerusakan kecil.
11. Memudahkan pemeliharaan, Fokus pemeliharaan hanya pada server sehingga sangat mengurangi beban pemeliharaan disisi client secara keseluruhan

0 comments:

Posting Komentar