Jumat, 14 November 2014

Sambungan Komponen Jaringan Komputer

4. Network Jaringan

Network Device yaitu peralatan atau perangkat - perangkat jaringan yang bekerja pada beberapa layer, Yaitu :
  • Layer 1 (Physical) sebagai peralatan media : Repeater, Hub
  • Layer 2 (Data-link) pengalamatan fisik : NIC, Bridge, Switch
  • Layer 3 (Network) pengalamatan logic : Router

5. NOS (Network Operating System)

Sistem Operasi Jaringan (Network Operating System) adalah sejenis sistem operasi yang ditujukan untuk menangani dan bekerja dalam jaringan. Umumnya, sistem operasi ini terdiri atas banyak layanan (service) yang ditujukan untuk melayani pengguna, seperti layanan berbagi berkas, layanan berbagi alat pencetak (printer), DNS Service, HTTP Service, dan sebagainya.
Sistem operasi berfungsi sebagai interface antara mesin dan manusia. Beberapa sistem operasi jaringan yang sering dijumpai :
  •  Microsoft MS-NET
  • Microsoft LAN Manager
  • Novell NetWare
  • Microsoft Windows NT Server
  • GNU/Linux
  • Banyan VINES

Berdasarkan penggunaannya, sistem operasi dibagi menjadi tiga tipe sebagai berikut.
      1.  Full-Featured NOS
Memiliki performa tinggi, fleksibilitas, dan ukuran sekuritas yang sangat baik. Full-Feeaturedmembutuhkan seorang administrator jaringan serta membutuhkan NIC. Full-Featured juga agak mahal.
Contoh NOS-nya adalah EtherNet, Novell NetWare, 3Com’s 3+Share, IBM Token Ring Network, dan Banyan’s Vines.
      2.  Low-Cost NOS
Kebanyakan Low-Cost NOS berbeda dari sistem yang full-featured, yang sama hanya pada jumlah maksimum dari tampungan user dalam jaringan dan jumlah level keamanannya. Umumnya, harganya lebih murah dan lebih mudah untuk di-install dan digunakan.
Contohnya adalah STARLAN,  ARCnet,  10Net, dan  LANtastic.
      3. Zero-Slot NOS
Zero-Slot NOS hanya cocok untuk jaringan dengan user yang sangat sedikit serta penggunaan ringan. Zero-Slot tidak mahal dan merupakan alternatif simple dari NOS yang membutuhkan NIC yang mahal. Daripada menggunakan NIC pada workstation-nya, zero-slot hanya membutuhkan port serial RS-232 dan kabel twisted-pair. Oleh karena itu, sistem operasi ini sangat lambat dan hanya memiliki kemampuan transfer file yang terbatas. Sistem operasi ini juga tidak dapat melakukan disk-sharing.
Contoh sistemnya adalah LANLink.

0 comments:

Posting Komentar