Jumat, 14 November 2014

ATM (Asynchronous Transfer Mode)


ATM adalah tekonologi switching dan multiplexing, dimaksudkan untuk memindahkan berbagai jenis trafik (data, suara, video, audio) dengan cepat dan efisien. Circuit switching umumnya mensyaratkan bahwa paket di set ke posisi dalam frame berulang, misalknya sinkron dalam waktu, langkah, sesuai dengan aplikasi dan/atau jam jaringan. ATM disebut juga teknologi broadband switching yang berbasis paket yang dirancang untuk mentransfer informasi dengan kecepatan tinggi, termasuk untuk mendukung perkembangan dalam layanan multimedia yang mencakup voice (suara), video dan data.
Lapisan ATM
Tumpukan lapisan protokol ATM terdiri dari 3 lapisan :
1. Adaptasi Layer (AAL)
Berinteraksi dengan lapisan yang lebih tinggi untuk mendapatkan informasi pengguna yang dapat dimasukkan/diekstrak ke bit dari byte payload 48.
2. Lapisan ATM
Menambahkan/menghapus header 5 byte ke payload dan multiplexes semua se, dari berbagai koneksi ke sungai sel tunggal untuk lapisan fisik. Ini juga menerjemahkan arah untuk sel untuk memungkinkan mereka beralih melalui hubungan virtual.
3. Lapisan Fisik
Menambahkan sek ke format listrik atau yang sesuai, sambil mengontrol pengiriman dan penerimaan bit pada medium fisik. Hal ini juga melacak batas-batas sel ATM dan paket ke jenis frame yang sesuai dengan media fisik. Lapisan fisik lebih jauh dibagi lagi menjadi Transmisi Konvergensi dan Fisiksub-lapisan menengah.
ATM Adapter Layer :
AAL terbagi dari 5 tipe yaitu :
1. AAL type 1 :
FUngsi-fungsi yang dilakukan oleh AAL tipe 1 untuk AAL user adalah sebagai berikut :
- Transfer service data unit (SDU) dengan bit rate konstan
- Transfer service informasi timing antara sumber dan tujuan
- Transfer informasi struktur data
- Transfer informasi yang hilang atau mengalami error yang tidak dapat diperbaiki oleh AAL sendiri ke layer yang lebih tinggi.
2. AAL type 2 :
Pada type ini sumber membangkitkan suatu bit rate yang veriabel akan memungkinkan cell-cell yang membawa informasi tersebut tidak tersi penuh dan tingkat pengisian field informasi cell berubah-ubah, untuk itu diperlukan fungsi yang lebih banyak dalam sub-layer SAR.
3.AAL type 3/4 :
Pada AAL 3/4 didefenisikan dua mode service yaitu :
Message Mode
Dapat digunakan untuk aplikasi framed data transfer (misalnya frame HDLC0. Pada message mode satu AAL-SDU dikirimkan dalam satu atau lebih CS-PDU, yang menyusun satu atau lebih SAT-PDU.
Streaming Mode
Disediakan untuk transfer data kecepatan rendah dengan persyaratan delay yang rendah.
4. AAL type 5 :
Tujuan dari AAL5 adalah untuk memberikan service dengan overhead yang lebih kecil dan deteksi error yang lebih baik dibawah CPCS layer. pada layer CPCS, service yang diberikan AAL 5 harus identik dengan service yang disediakan AAL 3/4 kecuali fungsi multiplexing tidak support sehingga pada AAL 5 tidak ada field MID. AAL 5 akan digunakan untuk aplikasi signalling dan frame relay melalui ATM.
ATM Signalling
1. Koneksi logik ATM disebut “Virtual Channel Connection” (VVC) atau koneksi melalui saluran maya
2. Virtual Path Connection (VPC) adalah suatu logical group dari beberapa VCC yang memiliki tujuan yang sama.
IPover ATM
IP over ATM pendekatan menawarkan beberapa keunggulan dibandingkan solusi Elan menarik. Keuntungan yang paling jelas adalah kemampuannya untuk mendukung interface QoS, Overhead rendah (karena tidak memerlukan header MAC) dan kurangnya batas ukuran frame.
Cara Kerja ATM
Cara kerja ATM adalah dengan memotong-motong dan menggabungkan kembali berbagai tipe trafik informasi tersebut (voice, video, dan data) dalam format sel berukuran 53 byte melalui saluran fisik yang sama. Proses tersebut dinamakan statistical Multiplexing. Masing sel terdiri dari 48 byte (berisi informasi) dan 5 byte header (berisi alamat dan routing).
Keuntungan ATM
ATM mampu menangani semua jenis trafik komunikasi (voice, data, image, video, suara dengan kecepatan tinggi). ATM dapat digunakan dalam Local Area Network (LAN) dan Wide Area Network (WAN). Dalam perkembangan LAN, penggunaan ATM dapat menghemat biaya karena pemakai yang akan menguhubngkan dirinya dengan system ATM LAN dapat menggunakan adapter untuk menyediakan kecepatan transmisi sesuai dengan bandwitdh yang mereka butuhkan.

0 comments:

Posting Komentar